Rabu, 19 Oktober 2011

WADUK SERMO



Waduk Sermo, Adalah sebuah Waduk (Danau) yang berada di perbukitan “Bukit Menoreh”, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, sekitar 5 km di sebelah barat kota Wates Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto, waduk Sermo menjadi penyangga air bagi pertanian di bawahnya sekaligus objek menjadi obyek wisata lokal yang sangat menarik dan membanggakan bagi kulon Progo. Panorama alam yang disajikan waduk sermo sangat indah diselimuti hawa yang sejuk segar dan angin yang berhembus semribit menambah kenikmatan bersantai di pinggir Waduk Sermo.



Waduk Sermo sendiri menurut Pemkab Kulonprogo memiliki luas genangan kurang lebih 157 Ha dengan keadaan air yang jernih membiru serta bentuknya yang berkelok-kelok menyerupai jari tangan manusia dengan latar belakang perbukitan menoreh yang hijau.

Bagi para mancing mania, Khususnya yang ada di sekitar Jogjakarta, pasti sudah akrab dengan waduk yang satu  ini. Tak jarang mereka menginap atau bermalam di Waduk ini untuk menyalurkan hobi mereka. Waduk sermo menjadi alternatif tempat memancing bagi para mancing mania. Disini ada bermacam-macam jenis ikan air  tawar, antara lain: Wader, lele, Nila dan Sebagainya.

Selain pengunjung dari kalangan Macing mania, banyak juga pengunjung yang hanya sekedar ingin menikmati keindahan tempat wisata ini dengan berkeliling waduk menggunakan perahu. Bentuk waduk yang berkelok-kelok dan dikelilingi bukit-bukit merupakan keindahan tersendiri yang dapat dinikmati dengan menggunakan perahu motor.




Biayanya cukup murah, hanya Rp. 5.000,- per orang bagi dewasa, dan Rp. 3.000,- per orang untuk anak-anak. Anda akan dibawa berkeliling selama 20 menit, jika penumpang perahu sudah berjumlah minimal 5 orang. Kalaupun ingin borongan, pengunjung cukup membayar Rp. 100.000,- /jamnya.
   

Fungsi utama dari waduk ini yaitu sebagai penampung air yang disalurkan PDAM untuk air bersih, irigasi atau pengairan, serta pencegah banjir. Pemandangan yang elok nan asri  disertai view pegunungan menoreh yang menjulang hijau dengan hutan-hutannya serta sejuknya udara menjadi nilai jual wisata bagi waduk ini.



41 comments:

Tanto mengatakan...

Indahnya, jadi pngin kesana. Mau tanya kalau dari terminal Jogjakarta, terus naik apa ya?

wisata indonesia mengatakan...

Maap gan, Setahu saya dari terminal jogja naik bus turun terminal wates, trus naik bus mini ke Sermo ( tapi kayaknya bis nya yang ke sermo jarang banget /armada terbatas ) mending naek kendaraan pribadi/ motor gan

arie5758 mengatakan...

Suka travelling ya masbro :D

anno mengatakan...

di deket sermo ada wisata lain gak mas???

Nurul Fadillah Suwardi mengatakan...

ada air bersih gak? soalnya aku lokasi kkn nya di kulonprogo itu :)

Danau Diateh mengatakan...

Menarik.. Disamping sebagai tempat wisata juga memiliki fungsi sebagai penampung air air bersih, irigasi, dan pencegah banjir.

baliaga villa mengatakan...

waaa artikel yang sangat menarik..thx info

Poencak tours and Travel mengatakan...

pasang iklan disini berapa ya, untuk website http://puncakroomhotel.com terimakasih :)

Dionysius Fije mengatakan...

Follow akun twitternya aja dab @SermoLake ((:

cincin kawin mengatakan...

pmoga banyak yang dateng kesana dan meliahat semua keindahan di sekelilingnya juga ya

manteb nih artikelnya , lumayan buat sasaran traveling selanjutnya , lagi nyari 2 tempat tempat pengunjungan lokasi yang bagus, apalagi kalo lagi nyari reverensi daerah mana yang mao di jelajahin kayanya lebih menyenangkan
buat blognya 2 jempol ..

by
cincin kawin

By Travelling mengatakan...

keren banget..
boleh lho liat liat website saya :)
www.bytravelling.123website.co.id

Paket pulau tidung mengatakan...

wah pemandangainya kaya sungai di desa saya, nggak terlalu indah sh pemandangannya.

furniture jepara mengatakan...

ASSALAMMUALAIKUM…
Kami menawarkan katalog produk furniture jepara produk unik mewah mebel jepara ini banyak di minati konsumen Indonesia

Lombok Wander mengatakan...

Ayo Liburan bersama Lombok Wander Tour and Travel
Kami meyediakan Paket Tour di Lombok, Voucher Hotel, dan Tiket Pesawat
Destinasi menarik di Lombok : Gili Trawangan, Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep,Pantai Kuta , Desa Sasak (Sukarara, Banyumulek, Sade).
Untuk lebih jelasnya bisa check di website kami
Hubungi kami di: T:0370 - 628500 HP: 0812 - 38203455/0818 - 03681311 BBM: 56EC66D4

abdolgofo mengatakan...

liburankami.com

rental mobil jakarta mengatakan...

baguss bangetttt

sewa mobil box mengatakan...

sayangnya jauh sih yah

griya wallpaper mengatakan...

mmmmm keren tapi jauh sih yah

jasa pembuatan kaligrafi masjid mengatakan...

wahhh keren tuh

cream gamat mengatakan...

selamat pagi semangat pagi

jasa layout majalah mengatakan...

makasih gan infonya

jual hand winch mengatakan...

selmat pagi, ditungagu postingan selanjutnya yah

Harga Suzuki Bandung mengatakan...

wow ini baru asli Indonesia,,,heheh

Sewa mobil jogja mengatakan...

salam sukses ;)

Paket tour bali mengatakan...

selamat pagi menjelang siang terimakasih utnuk informasinya salam sukses semoga bermanfaat ;0

Rental Mobil Jogja mengatakan...

salama sukses thanks untuk informasinya selamat siang dan selamat beristirahat

peluang usaha terbaru 2015 mengatakan...

selamat pagi terimakasih untuk informasiya salam semangat

florist bandung mengatakan...

pengin kesitu

Toko knalpot motor mengatakan...

selamat pagi gan terimakasih untuk informasinya salam sukses :)

Wisata pulau pari mengatakan...

salam sukses selalu ;)

Jasa bali wedding photography mengatakan...

Selamat pagi gan tetap semangat yahh salam sukses

Bengkel Toyota mengatakan...

Terimakasih untuk informasinya salam sukses

Baja ringan polycarbonate berkualitas mengatakan...

Selamat pagi menjelang siang gan sukses selalu yahh

Jasa Review Restoran Murah Jakarta mengatakan...

thanks untuk informasinya gan tetap semangat yahh

Paket murah raja ampat terpercaya mengatakan...

Selamat siang gan semangat yahh

Website review mengatakan...

Thanks untuk informasinya gan salam sukses

jual pallet plastic kualitas terbaik harga murah mengatakan...

selamat pagi gan salam sukses

azizul hakim mengatakan...

Thanks Infonya
http://friendszul.blogspot.co.id/

anggriani sidabutar mengatakan...

Promo... Bonuss, Kesempatan Iklan Gratis dan 1 unit HP Android (Peluang Terbatas)

anggriani sidabutar mengatakan...

Promo... Bonuss, Kesempatan Iklan Gratis dan 1 unit HP Android (Peluang Terbatas)

Yohanna Olivya mengatakan...

Buruan Gabung Bersama Agen Judi Online Terpercaya Dengan Bonus Terbesar se Asia, 7 Pilihan Permainan Yang Memanjakan Anda Dengan Permainan Yang Anda Suka Dengan Kualitas Kartu Yang Boleh DiBanding
DAFTAR KLIK DISINI

DiBaca Juga Berita Terkini dan Terupdate SumoQQ hanya di SUMOQQPunyaBerita

Hubungi Kami
Pin BB : 2AE0D276
WA : +855964973259

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons