Jumat, 16 Desember 2011

MUSEUM GUNUNG MERAPI ( edukasi dan konservasi)





Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan cincin api yang memiliki lebih dari 450 gunung berapi di mana terdapat 129 gunung berstatus aktif dan tidak menutup kemungkinan Gunung berapi yang berstatus tidak aktif (mati) akan berubah statusnya menjadi aktif ( misal: Sindoro). Jumlah tersebut hampir  13 persen dari total gunung api aktif di dunia. Oleh karena itu, diperlukan sebuah upaya mitigasi untuk menekan jumlah korban jiwa ketika bencana melanda. Dan upaya mitigasi bencana tersebut menjadi tangging jawab kita bersama.


Museum Gunung Merapi didirikan  sebagai wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan serta pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan bencana alam lainnya. Juga sebagai sebuah wahana wisata lokal baru yang berada  dikawasan lereng Merapi,


Museum ini terletak di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Bangunan museum yang berbentuk limasan segitiga tidak beraturan dibangun sesuai filosofi bangunan Jawa (Yogyakarta) serta wilayah Gunung Merapi yang berwujud kombinasi teknologi dan budaya yang disesuaikan dengan aturan adat (Pakem) mengikuti garis lurus,  Terdiri dari  gunung Merapi, Tugu Yogyakarta, Kraton Yogyakarta serta laut selatan.




Memasuki pintu masuk, pengunjung akan dihadapkan pada  sebuah miniature Gunung Merapi berukuran besar yang terus menerus mengeluarkan asap dan memuntahkan magma. Tak ketinggalan pula terdengar bunyi gemuruh yang menggelegar dari gunung tersebut. Selain itu, terdapat tiga tombol yang masing-masing bertuliskantahun 1969, 1994, dan 2006. Jika Anda memencet salah satu tombol, maka secara otomatis sebaran aliran magma akan berubah sesuai dengan kejadian yang terjadi pada tahun tersebut.






Selanjutnya memasuki  zona dunia gunung api. Di zona ini terdapat berbagai foto dokumentasi dan alat peraga tentang fenomena kegunungapian yang ada di seluruh dunia. Foto-foto dan alat peraga tersebut disajikan lengkap dengan keterangan dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 






Selanjutnya  menuju zona khusus Gunung Merapi. Menyajikan informasi  eksklusif tentang Gunung Merapi. Mulai dari fenomena pertumbuhan kubah Gunung Merapi, mitos seputar Gunung Merapi, pos pengamatan Gunung Merapi dari era Belanda hingga era modern, dan masih banyak lagi. Semua disajikan dalam gambar dan foto yang menarik. Tak hanya itu, di zonatersebut juga ditunjukkan bagaimana caranya menyelamatkan diri dari ancaman bahaya gunung api yang meletus.



Dan satu hal lagi yang semakin menarik, bahwa setelah erupsi merapi tahun 2010 lalu, Museum merapi mempunyai tambahan koleksi baru, yaitu 2 (dua) buku tamu mbah Maridjan , dan kopian layang kekancingan dari pihak Kraton kepada Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi. 

Bahkan yang belum banyak diketahui bahwa wisatawan yang berkunjung ke museum ini  juga sekaligus dapat menikmati dan melihat secara langsung panorama gunung Merapi, tepatnya di lantai dua sebelah belakang. Bahkan ditempat tersebut juga disediakan teropong bagi wisatawan yang ingin memanfaatkannya.

Bagaimana?? Tertarik??

60 comments:

arie5758 mengatakan...

Bisa menjadi tempat kunjungan baru nih kalau lagi traveling ke jogja.. thanks sob dah share :)

Weblog Ask mengatakan...

info yg bagus gan..sgt baik bw anak2 liburan sampai dpt pengetahuan..kapan ulasan ttg banjarmasin?

Rouen mengatakan...

wah sangat tertarik, keren museumnya, jadi pengen kesana

tapi gpp lah kan bisa berwisata ke blog ini =D

goyang pattah-pattah mengatakan...

wah keren infonya pasti sangat bermanfaat dan menambah banyak pengalaman kw bisa bisa berkunjung kesana, nice pot sob

ICAH BANJARMASIN mengatakan...

Mantef banget nih bang...artikel yang sipppp..

Mister'Bo mengatakan...

bangunan museumnya unik sob,, limas segitiga tak beraturan,, :)
nice post sobat,,

Tyo Triatna mengatakan...

mantap nih buat ngisi liburan

4 U know mengatakan...

visiting and give u my honest full support :) full support me back :)

denzel mengatakan...

nice blog kawan

(Aku Bukan) Bang Thoyib mengatakan...

Waah rujukan Wisata edukatif yang Mantab nie Sob
Musti wajib sering2 d Share biar seluruh lapisan masyakarat sudi menyempatkan diri berkunjung ke tempat nie,...

Nice Info

Happy Blogging :)

eillrahc mengatakan...

HELLO MY FRIEND! VISIT HERE,,,,SUPPORT,,,,^__^

mastokkenari mengatakan...

info yg baguss nih, sob... mksh .... mggu depan langsung ke tkp...insyallah....hehehe

uniknya mengatakan...

kunjungan balik untuk sahabat, mampir lagi ya..

surya ramadhan mengatakan...

bisa jadi momentum kebangkitan...

salam blogwalking

hmsf08.blogspot.com

arie5758 mengatakan...

tambah 1 lagi kunjungan wisata bila ke jogja :)

Citra Pradipta Hudoyo mengatakan...

wah baru tau ada musem gunung merapi ..
makasih info nya .
kpan" ke sana ah .. haha

sdr musa mengatakan...

bagus informasinya gan ..

Ann mengatakan...

Sunday evening a nice thank you for your visit

MMC-GROUP mengatakan...

Hii my Friend! :) visiting here,nice blog and JOIN us! [[ Tips n Trick How to Make $300++ per month via PPC and PTC ]] :) :)

ghea mengatakan...

wah keren postingannya gan,nambah info n pengetahuan,,oya kalo boleh tukeran link ini link saya
http://blog.umy.ac.id/ghea
kalo sudah terpasang kabarin ya gan.. thx

rumput dan ilalang mengatakan...

hari minggu kemarin habis dari sana

uniknya mengatakan...

sore...kunjungan nih..mampir ya..

firdaus mengatakan...

musium bukti sejarah telah ada. sesuai pesan dari mantan presiden RI I Ir Soekarno "Jangan sekali kali meninggalkan sejarah"
untuk itulah keberadaan musium amat sangat diperlukan guna kesinambungan generasi penerus.
salam success.

Somoon mengatakan...

Kunjung sini petang. Semoga suksess selalu.

uniknya mengatakan...

kunjungan sore nih..mampir lagi ya..

Nelson mengatakan...

Hello my friend! I wish you a lovely new week full of joy and happiness. Greetings from Brasil! Follow me back please.

Brilli Healthy mengatakan...

Blogwalking tonight to give you real support :)

yeppy mengatakan...

blogwalking and nice share sir.

PusatBikinPIn.com mengatakan...

Kunjunga PERDANA gan... Nice BLog gan

ABC mengatakan...

keren gan.. sukses deh..
follower nomor 150.
follback ya gan :)

El3kTr0 mengatakan...

Im happy to be here friend have a nice day

Puisi Kata-Kata Indah Sang Penyair mengatakan...

museum dari faktor alam ya

Puisi Kata-Kata Indah Sang Penyair mengatakan...

blogwalking

Media Kita mengatakan...

boleh neh untuk dikunjungi, buat ngisi liburan...

flashreload mengatakan...

Thanks for @LL atas komen2 nya , Dan ternyata masih banyak yang cinta dan bangga dengan wisata lokal kita. Selamat berkunjung sob.

My Laboratorium mengatakan...

Artikel yg bagus osb.Folback ya sob yg ke #155
:D

nurcahyaku10 mengatakan...

Selamat malam sahabat, trima kasih atas kunjungannya :)

R mengatakan...

mantab gan, nice share salam kenal :)

Tanto mengatakan...

Nive info. kapan-kapan berkunjung kesana ah...

tugu jogja mengatakan...

jadi pengen kesini..

duan mengatakan...

tempat menarik bangat ni kalau mau datang..cantik museumnya..gunung merapi dalam museum itu nampak mnairk dan besar..

New entry "Bukan Sebarangan Angan Mat Jenin"

B@zz0874 mengatakan...

tempat yang indah...tanks info nya.....

rigen mengatakan...

nice sob. :)

DIOGO- BRASIL mengatakan...

QUERO PARABENLIZA-LOS PELO BLOG. É BEM INTERATIVO E COMPLETO. ABRAÇOS DO BRASIL.

Ann mengatakan...

I welcome you beautiful Sunday I desire an afternoon thank you for the visit

mikexplorer mengatakan...

Daily Supporting here..

karga.gr mengatakan...

i like your blog

j O C y mengatakan...

Visiting here and happy monday to you..

researcher mengatakan...

always visiting and supporting here..

catperku.info mengatakan...

wedew, dimana tu lokasinya? baru tau nih, kayaknya menarik buat dikunjungi

rudyparabola mengatakan...

kunjungan pagi gan,pingin aku kesana tp kapan !?,duit gak punya cuma tinggal angan2 hehehe.....
salam sukses smua....

Rani mengatakan...

Ih.. Beneran asyik lhoh ke sana ada film gunung merapinya juga....

GPS Tracker mengatakan...

wow, itu sampe ada bekas motor yang terkena dari gunung berapi ya.

WalGreat mengatakan...

Wow, ane baru tau nih...

Terima kasih infonya. Artikelnya mantap dan Blognya juga mantap. Sukses!

-Salam Hangat-

Info Pariwisata Cirebon

Jasa seo profesional mengatakan...

mencengangkan ya melihat benda2 yang menjadi saksi bisu kedasyatan meletusnya gunung merapi itu

dinda mengatakan...

jogja istimewa

ardi mengatakan...

wah sangat tertarik, keren museumnya, jadi pengen kesana

ayunda mengatakan...

Mantef banget nih bang...artikel yang sipppp

zahra mengatakan...

suatu musium mengingatkan kita akan kejaian yang sangat ;uar biasa :)

kang_iwa 3 roet mengatakan...

saya udh kesana,.... desain ruang display museum tsb sudah bagus, hanya saja penataan label/tanda larangan sangat mengganggu pandangan....
ayo ke museum......!

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons