Jumat, 30 September 2011

GUNUNG KELUD



 
Gunung Kelud Makin Lengkap aja

Pengunjung kawasan wisata Gunung Kelud yang terletak di wilayah Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri makin dimanjakan dengan berbagai alternatif sasaran dan permainan wisata. Jika sebelum gunung Kelud meletus, pengunjung disuguhi panorama kawah di puncak kepundan dengan air yang berwarna hijau, setelah letusan pada akhir 2007 lalu, pengunjung dibuat terpana dengan munculnya anak gunung Kelud dengan asap putih yang mengepul diseputar “gunung anakan” yang berbentuk kubah lava itu. Belum lagi dengan fenomena mysterious road yang juga membikin pengunjung penasaran.

FLYINGFOX Gunung Kelud Makin Lengkap aja

Sebagai salah satu ikon wisata lokal kabupaten kediri, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui kantor Pariwisata dan Seni Budaya (Parsenibud) kembali menambah permainan di kawasan wisata yang menjadi icon wisata Kabupaten Kediri yaitu Gantungan Luncur atau dalam istilah outbond sering disebut Flying Fox. Tidak itu saja, dalam waktu dekat juga akan ditambah dengan permainan wisata berupa penyediaan kendaraan All Train Vehicle (ATV) dengan jalur tertentu. ATV ini adalah jenis kendaraan dengan kemudi seperti sepeda motor tetapi memiliki roda empat dirancang sebagai kendaraan offroad. Dua permainan terakhir adalah permainan yang bernuansa petualangan. Cocok dengan kawasan wisata gunung Kelud yang memang memiliki bentang alam cukup menantang.
Menurut Kepala Kantor Parsenibud Drs. Mudjianto melalui Kabag Humas dan Protokol Drs. Sigit Rahardjo, Msi bahwa dalam permainan flying fox ini sudah dilengkapi dengan perangkat pengaman untuk keselamatan pengunjung yang mencobanya.

“Untuk mencoba flying fox, pengunjung tidak perlu kuatir, karena permainan tersebut sudah dilengkapi perangkat pengaman untuk keselamatan”, jelas Sigit Rahardjo dalam suatu kesempatan.

Untuk menikmati flying fox dengan jalur bentang sepanjang 100 meter ini pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000,- sekali luncur termasuk diantar kembali ke tempat luncur awal dengan dibonceng sepeda motor.

“Kalau masalah ATV, saat ini kendaraannya masih pesan dan petugas masih mencarikan jalur yang aman untuk berkendara”, tambah Sigit Rahardjo.


Salah seorang wisatawan lokal mengatakan bahwa kunjungannya ke gunung Kelud karena penasaran oleh pemberitaan tentang fenomena munculnya kubah lava usai letusan lalu.

Sekarang ganti muncul anak gunung Kelud. Tapi panoramanya tetap indah”Kata salah seorang pengunjung".
 Tentang ramainya pengunjung di kawasan wisata gunung Kelud ini juga dibenarkan oleh Sutomo (50) petugas parkir yang biasa mengatur kendaraan penempatan kendaraan. Menurutnya pada hari Sabtu dan Minggu, areal parkir selalu penuh oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan terbesar yang pernah naik adalah jenis mini bus, tetapi yang banyak untuk kendaraan roda empat adalah Isuzu Elf dari berbagai biro wisata. “Sejak Lebaran kemarin gunung Kelud pada Sabtu dan Minggu selalu ramai. Kalau ramai areal parkir ini bisa penuh. Jadi harus diatur penempatannya”, jelas Sutomo didampingi Yudi (35) petugas permainan flying fox.


Gelar Ritual Sesaji

Selain wisata Alam yang indah, gunung kelud juga terkenal dengan ritual sesaji dari masyarakat desa setempat, Upacara adat berbentuk Ritual sesaji ini merupakan agenda budaya tahunan yang diikuti masyarakat sekitar gunung Kelud.

“Adat Ritual Sesaji yang diselenggarakan setiap tahun ini, juga menampilkan pertunjukan kesenian tradisional dan budaya serta pagelaran musik”, jelas Kabag Humas dan Protokol Drs. Sigit Rahardjo, MSi.

Upacara adat Ritual Sesaji ini sebelumnya diistilahkan Larung Sesaji. Tetapi karena fenomena danau di puncak kepundan berubah dengan munculnya anak gunung Kelud, maka selanjutnya upacara adat ini menggunakan nama Ritual Sesaji.( sumber :wongkediri.net)

22 comments:

Anonim mengatakan...

iku cerak ro omahku

Alfa mengatakan...

Indah sekali taman wisata gunung kelud ini

catperku.info mengatakan...

sekarang danau kawah udah hilang, diganti dengan anak gunungnya, tapi tetep indah dan menarik buat dikunjungi

septiaji mengatakan...

WAH MANTAB NIH GUNUNGNYA, PEMANDANGANNYA BAGUS :)
(PENGETAHUAN PINTARs BLOGWALKING) SEKALIAN JALAN-JALAN NIH

Anonim mengatakan...

Kampung halaman di kediri...tapi sekalinya aku belum pernah kesana. Liburan idhul adha ini mau aku sempatin mudik sekalian mengunjungi G. Kelud...mudah2an bisa ya..

Roma Hudi mengatakan...

mungkin kelud akan berubah menjadi strato(lancip) dan mati, kalaupun tidak, warga Blitar/Kediri sekitar kelud musti waspada, anak gunung kelud yang menyumbat kawah bisa jadi membuat kelud makin berbahaya...

Wisata Mahameru mengatakan...

Blognya keren artikelnya mantap. Ni ada artikel tentang wisata mahameru yaitu tempat wisata puncak semeru. bisa di jadikan bahan bacaan atau referensi sebelum muncak ke semeru.http://pariwisatalumajang.blogspot.com/2015/05/wisata-mahameru.html

jasa sedot wc banndung mengatakan...

pemandangan yang bagus

Jelly gamat gold-g Jakarta Timur mengatakan...

sejuk banget keliatannya...

tali tambat mengatakan...

indah banget pemandanganya..jadi pengen kesana

Agen pulau tidung mengatakan...

Selamat siang terimakasih untuk informasinya salam sukses

Paket tour bali mengatakan...

Selamat siang gan terimakasih untuk informasinya

paaket pulau pari mengatakan...

indah banget tempatnya gan ..

Open trip pulau harapan mengatakan...

SElamat siang gan salam sukses :)

Ramaya Ballet Prambanan mengatakan...

Selamat sore an salam suskes :)

Open trip pulau harapan mengatakan...

Selamat pagi gan salam sukses :)

Tempat wisata bali mengatakan...

nice post

bali driver mengatakan...

artikel yang sangat menarik

jasa pembutan artikel mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat

batur Volcano Trekking mengatakan...

Sangat Menarik dan Bermanfaat

Jasa Pembuatan Backdrop mengatakan...

Terimakasih Untuk Informasinya

anggriani sidabutar mengatakan...

Promo... Bonuss, Kesempatan Iklan Gratis dan 1 unit HP Android (Peluang Terbatas)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons